Rabu, 09 Juli 2014

Dirilisnya GeForce GTX 750 Ti dan GeForce GTX 750 dengan menggunakan chip GPU berbasiskan arsitektur Maxwell tentu membuat sejumlah kalangan pengguna PC bertanya-tanya kapankah model dengan spesifikasi lebih tinggi akan dikeluarkan. Performa komputasi lebih baik, penggunaan daya lebih efisien, dan potensi tinggi saat di-overclock tampaknya menjadi alasan tidak sabarnya sejumlah kalangan pengguna PC menantikan hadirnya graphics card tersebut. Dengan semakin santernya rumor mengenai graphics card NVIDIA Maxwell, akhirnya muncul juga berita yang dinantikan selama ini. Penampakan wujud graphics card yang dipercaya menggunakan GPU Maxwell.


Seperti inilah wujud graphics card yang dipercaya sebagai GeForce GTX 880. Graphics card tersebut masih memiliki status sebagai engineering sample alias masih dalam tahap pengembangan sehingga tidak aneh jika masih menggunakan PCB berwarna hijau. Terlihat graphics card tersebut masih memiliki konektor SLI. Apakah hal ini menandakan metode SLI graphics card NVIDIA berikutnya masih mengandalkan SLI Bridge, tidak seperti AMD yang sudah meninggalkannya.


Chip GPU di atas menjadi otak dibalik GeForce GTX 880. Chip GPU tersebut diperkirakan diproduksi pada minggu ke 21 tahun ini (19-25 Mei 2014). Belum diketahui tipe chip GPU apakah yang digunakan tetapi spekulasi saat ini berkisar antara GM204 atau GM210.


Graphics card tersebut dilengkapi chip memori SKHynix H5GQ4H24MFR. Dengan 16 buah chip memori tipe GDDR5 ditanam pada PCB menandakan GeForce GTX 880 tersebut memiliki kapasitas memori total sebesar 8192 MB alias 8GB.



Graphics card tersebut juga dilengkapi konektor daya 8-pin+6-pin+6-pin. Ini berarti total asupan daya yang dapat diterima graphics card mencapai 375 Watt atau serupa dengan konfigurasi 8-pin+8-pin.

Dengan beredarnya foto graphics card yang dipercaya merupakan GeForce GTX 880 ini tentu menjadi jawaban akan keberadan graphics card NVIDIA Maxwell dengan spesifikasi lebih tinggi. Walaupun begitu dengan status engineering sample, tampaknya kehadiran graphics card NVIDIA Maxwell berikutnya masih akan memakan waktu cukup lama.

Sumber.

1 komentar: